Cari Blog Ini

Salah satu cara promosi masa kini adalah copywriting  (Sumber gambar: kontenesia.com) Ada berbagai macam cara bagi seorang pengusaha atau pe...

Ciri Copywriting yang Menarik untuk Promosi

Salah satu cara promosi masa kini adalah copywriting 
(Sumber gambar: kontenesia.com)


Ada berbagai macam cara bagi seorang pengusaha atau penjual untuk mengenalkan produk, barang maupun jasanya kepada khalayak luas. Mulai dari menggunakan cara manual dari mulut ke mulut sampai cara yang lebih profesional seperti email marketing. Perubahan zaman dan kemajuan teknologi yang terus berkembang juga harus menjadi pertimbangan bagaimana seorang pengusaha atau penjual melakukan promosi.


Salah satu cara promosi yang paling ampuh saat ini adalah dengan memanfaatkan media sosial. Hal ini dikarenakan manusia sekarang tidak hanya hidup di dunia nyata saja. Justru, terkadang mereka jauh lebih aktif di dunia maya. 


Buktinya, setiap orang punya akun media sosial lebih dari satu. Whatsapp, Telegram, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan sederet media sosial lainnya adalah tempat yang paling banyak dikunjungi. Maka, kemudian orang-orang berlomba-lomba untuk melakukan promosi di sana.


Hanya saja, melakukan banyak promosi di media sosial belum tentu menghasilkan banyak penjualan. Salah-salah, orang lain justru merasa ilfeel karena semua story maupun statusnya berisi barang dagangan. Untuk itu, perlu yang namanya keahlian copywriting untuk meningkatkan penjualan.


Bisa dikatakan bahwa copywriting merupakan cara melakukan promosi atau ilmu marketing melalui tulisan. Jadi, menawarkan barang atau jasa di media sosial bukanlah hanya sekedar posting foto barang lalu menulis caption “jika berminat silahkan hubungi 081xxxxxx”. Lalu, bagaimanakah ciri copywriting yang menarik? 


1. Copywriting yang Bisa Mengubah Perspektif

Copywriting yang baik adalah yang bisa mengubah perspektif. Ketika seseorang membaca pesan marketing yang membosankan, mereka hanya akan menganggap pesan tersebut angin lalu. Sekadar dibuka, dibaca sekilas, lalu dibiarkan begitu saja. Besok-besok mungkin dia akan lupa pernah mendapat pesan tersebut. 


Namun, jika copywriting tersebut menarik, orang mungkin tidak akan sadar bahwa tulisan tersebut adalah promosi suatu barang atau jasa. Pada akhirnya, mereka akan tertarik untuk mengeklik tautan yang dibagikan atau menghubungi nomor yang dicantumkan. 


Contoh copywriting ini bisa menggunakan cara bercerita, membagikan saran-saran tertentu yang menarik, atau gambar yang mengundang perhatian dengan sedikit caption. Dengan demikian perspektif seseorang bisa berubah bahwa copywriting itu tidaklah membosankan.


2. Copywriting yang Tidak Banyak Hiperbola

Salah satu hal penting dalam copywriting adalah pemilihan kata yang digunakan. Tidak perlu menggunakan kata-kata yang terlalu muluk-muluk atau lebay hanya untuk menggaet pelanggan. Gunakanlah kata yang sederhana namun sarat makna, dan sesuai dengan produk yang ditawarkan. Bisa juga disebutkan keunggulan produk yang ditawarkan dalam jangka panjang. 


3. Copywriting yang Membuat Ingin Terus Membaca

Dalam copywriting sebaiknya selipkan informasi unik yang mungkin jarang diketahui orang sehingga mereka merasa penasaran dan ingin membaca lagi dan lagi. Namun, tentu informasi tersebut masih berhubungan dengan barang yang ditawarkan. Dengan demikian, pembaca tidak akan terlalu merasa bahwa mereka sedang memabaca sebuah iklan.


4. Copywriting yang Paham Audiens

Sebelum melakukan copywriting, lebih baik melakukan riset dulu tentang siapakah yang akan menjadi sasaran copywriting tersebut. Apakah pekerja kantoran, ibu rumah tangga, khalayak umum, atau pengusaha online. Semuanya tentu mempunyai kharakteristik yang berbeda-beda. Copywriting yang paham audiens tentu akan lebih tepat sasaran sehingga usaha pun semakin lancar.


Jadi, itulah beberapa ciri copywriting yang menarik untuk promosi. Copywriting ini bisa dilakukan di banyak tempat maupun kesempatan. Bisa dilakukan di media sosial, website, blog, sampai banner atau poster. Mau di manapun itu tempatnya, asal dituliskan dengan menarik, maka pelanggan pun akan tertarik. 


Namun, jika masih merasa kesulitan untuk melakukan copywriting sendiri, lebih baik hubungi pihak ketiga untuk membantu copywriting atau membuat desain bahan promosi. Salah satu jasa yang menawarkan untuk copywriting atau desain bahan promosi adalah Indscript Creative. Untuk lebih jelasnya, kunjungi https://tribelio.page/kontendanbahanpromosi 


0 comments: