Cari Blog Ini

  Gambar: CARAKUBERBAGI Peradaban Islam telah ada dan berkembang sejak 1445 tahun yang lalu. Ketika itu, Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi ...

Kemunduran Umat Islam: Sejak Kapan?

 

kemunduran umat islam, sejak kapan?
Gambar: CARAKUBERBAGI

Peradaban Islam telah ada dan berkembang sejak 1445 tahun yang lalu. Ketika itu, Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi nabi dan rasul setelah berkhalwat di Gua Hiro’ untuk memikirkan dan merenungkan apa yang harus beliau lakukan kepada masyarakat Makkah yang telah jauh tercebur dalam jurang kekafiran.

 

Sejak itu, agama Islam pelan tapi pasti mempunyai banyak pengikut. Perlahan-lahan menata kehidupan masyarakat Makkah untuk kembali kepada Tauhid. Ketika Nabi Muhammad SAW hijrah ke Yatsrib, yang sekarang bernama Madinah, agama Islam makin kuat. Pemerintahan Islam mulai berdiri. Lalu dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin, sahabat-sahabat nabi.

 

Pada fase berikutnya, kerajaan atau daulah-daulah Islam mulai berdiri. Dimulai dari Daulah Umayyah, Daulah Abbasiyah, dan lainnya. Agama Islam semakin berkembang pesat. Lalu, mulai kapankah agama  Islam mengalami kemunduran?

 


Mundurnya Daulah Abbasiyah

Tahun 750 M, berdirilah Daulah Abbasiyah, sebuah Daulah Islam yang didirikan oleh Abu Abbas As-Shaffah setelah berhasil menggulingkan Daulah Umayyah. Daulah Abbasiyah berkuasa selama 5 abad lebih. Pada masanya, Daulah Abbasiyah yang menggunakan Baghdad sebagai pusat pemerintahannya ini berhasil menjadi pusat peradaban dan ilmu pengetahuan.

 

Banyak ilmuwan-ilmuwan muslim lahir di sini. Berbagai kitab-kitab hebat ditulis oleh pakarnya yang banyak menjadi rujukan penelitian di masa setelahnya. Bahkan, ilmuwan-ilmuwan Barar, banyak menimba ilmu di Baghdad. Umat Islam telah berhasil mengembangkan filsafat-filsafat Yunani yang dahulu ditentang oleh gereja.

 

Namun, belum ada setengah perjalanan dari 5 abad tersebut, Daulah Abbasiyah telah mengalami kemunduran. Ketika masa kejayaannya berlalu, tinggallah pemimpin-pemimpin yang tidak cakap. Kemerosotan ekonomi akibat perang, dan mandeknya gairah mengembangkan ilmu pengetahuan.

 

Daulah Abbasiyah mulai redup. Perebutan kekuasaan banyak terjadi, rakyat terlantar, dan daerah-daerah yang jauh dari pusat kota mulai melepaskan diri. Dimulai dari sinilah kemunduran umat Islam terjadi. Di akhir pemerintahan Daulah Abbasiyah, tentara Mongol yang dipimpin Hulagu Khan meluluh lantakkan kota Baghdad hingga menjadi lautan api.

 

Maka, reduplah masa kejayaan Islam. Ilmuwan yang telah wafat, tidak diimbangi dengan regenerasi yang baik. Kitab-kitab hebat yang menjadi rujukan dalam belajar, hangus dilalap api. Setelahnya memang ada dan berdiri kerajaan-kerajaan Islam di belahan bumi lain. Namun, kerajaan-kerakaan tersebut tidak bisa mengembalikan kejayaan umat Islam seperti sebelumnya.

 


Penyebab Kemunduran Umat Islam

Tidak ada akibat tanpa adanya sebab. Lalu, apa yang menyebabkan umat Islam mengalami kemunduran? Ada beberapa hal yang menjadi sebab mundurnya umat Islam.

 

1. Perpecahan Umat Islam yang Disebabkan karena Keberagaman dalam Tubuh Umat Islam yang Tidak Disikapi dengan Baik

Contohnya saja dalam hal keberagaman garis keturunan atau dalam bahasa Arab disebut Bani. Seperti yang diketahui bahwa masyarakat Arab dahulunya hidup berkelompok sesuai dengan garis keturunannya. Fanatisme kebangsaan ini telah mengakar kuat. Masing-masing dari mereka ingin yang menjadi pemimpin berasal dari kelompoknya. Seperti yang terjadi dalam tubuh Daulah Abbasiyah, di mana kekuasaannya pernah dipegang oleh Bani Seljuk dan Bani Buwaih.

 

Selain itu, keberagaman dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an juga menimbulkan perpecahan dalam umat Islam. Misalnya saja dengan munculnya aliran teologi Mu’tazilah, Syiah, Asy’ariyah, Qodariyah, dan sebagainya. Perbedaan dalam penafsiran ayat Al-Qur’an ini menyebabkan perbedaan dalam tata cara beribadah. Antara satu aliran dengan yang lainnya mengklaim bahwa ajaran merekalah yang paling benar.

 

2. Kurangnya Kesadaran Umat Islam Akan Pentingnya Ilmu Pengetahuan

Sebuah peradaban bisa maju dengan adanya ilmu pengetahuan. Namun, umat Islam kurang menyadari hal itu. Sejak mundurnya Daulah Abbasiyah, etos belajar di kalangan umat Islam mulai menurun. Tidak banyak yang berhasil menyusun kitab-kitab hebat seperti sebelumnya. Mereka hanya memberikan syarah atau penjelasan dari kitab-kitab yang sudah ada.

 

Lama-kelamaan, karena mandeknya pemikiran umat Islam, karena sikap jumud atau tidak mau berpikir, mulai lunturlah nilai-nilai Islami dan banyak bermunculan bid’ah, khurafat, dan takhayul yang menjerumuskan umat Islam. Maka, dengan mudah umat Islam dapat dikuasai bangsa Barat di kemmudian hari.

 


Hingga saat ini, umat Islam belum berhasil mencapai kejayaan seperti yang ditorehkan masa lalu. Terbukti, umat Islam banyak yang mencari ilmu di dunia Barat. Sebagian besar orang berpengaruh di dunia saat ini pun bukan orang Islam. Pun bukan berarti umat Islam tidak mengalami kemajuan apapun. Perlahan, umat Islam mulai menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

0 comments: